Tips Tentang Rumah

7 Bahan Alami Mengusir Tikus Curut dari Rumah, Dijamin Ampuh!

Bahan Alami Mengusir Tikus Curut

Bahan Alami Mengusir Tikus Curut – Tikus curut adalah hewan kecil menjijikan yang sangat dibenci banyak orang. Keberadaan tikus dapat menyebabkan berbagai macam masalah, mulai dari kerusakan hingga penyakit berbahaya.

Oleh karena itu, dibutuhkan cara mengusir tikus curut secara tepat agar rumah terhindar dari berbagai kerusakan dan penyakit yang disebabkan oleh tikus.

Kotoran tikus yang mengering dapat mengganggu penciuman dan menularkan virus yang menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti penyakit pes dan leptospirosis.

Berikut informasi mengenai 7 bahan alami mengusir tikus curut dari rumah, dijamin aman dan ampuh.

Mengusir Tikus Curut dengan Bahan Alami

Meski keberadaan tikus curut di rumah sangat dibenci, banyak orang cenderung takut dan tidak tega membasmi tikus menggunakan jebakan atau racun tikus.

Selain itu, penggunaan jebakan, racun, lem, dan sebagainya juga kurang dianjurkan karena dapat membahayakan keselamatan hewan peliharaan dan anggota keluarga lainnya.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa bahan alami untuk mengusir tikus dari rumah yang bisa Anda coba.

  1. Mengusir Tikus dengan Cangkang Telur

Cara mengusir tikus menggunakan bahan alami yang pertama adalah dengan menggunakan cangkang telur. Kandungan kalsium yang ada dalam cangkang telur ternyata bisa mengusir tikus, cicak, dan bahkan kecoa dari rumah.

Langkah penggunaanya pun sangat mudah. Pertama haluskan cangkang telur sampai menjadi bubuk.

Baca juga Cara Mengusir Tikus Rumah Secara Alami, Dijamin Paling Efektif dan Ampuh!

Setelah itu, taburkan bubuk cangkang telur tersebut ke tempat-tempat dan sudut-sudut rumah yang sering dilewati tikus.

  1. Mengusir Tikus Curut dengan Kapur Barus

Bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengusir tikus curut dari dalam rumah adalah kapur barus.

Kapur barus yang biasanya hanya digunakan sebagai alat untuk mengawetkan dan mengharumkan pakaian ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir tikus curut.

Cara mengusir tikus curut dengan kapur barus sangat mudah yaitu cukup letakkan kapur barus di tempat-tempat yang biasa didatangi tikus.

Aroma menyengat yang dihasilkan kapur barus sangat tidak disukai tikus, dengan begitu tikus akan merasa terganggu dan pergi dari rumah Anda.

  1. Menggunakan Kantung Teh Bekas

Setelah selesai membuat teh, jangan langsung buru-buru membuang kantong bekas teh ke dalam tempat sampah.

Banyak yang tidak tahu, kantung teh mengandung aroma peppermint yang sangat dibenci oleh tikus.

Cara menggunakan kantong bekas teh untuk mengusir tikus cukup mudah, letakkan kantung teh yang masih basah pada tempat-tempat yang biasa dilewati tikus.

Apabila kantung dirasa sudah kering, sebaiknya secepatnya ganti kantung teh tersebut dengan kantung yang basah.

  1. Mengusir Tikus Curut dengan Kopi

Bahan alami untuk mengusir tikus curut selanjutnya adalah kopi. Aroma kopi yang harum dan khas ternyata sangat dibenci tikus.

Tikus yang mencium aroma kopi akan ketakutan dan tidak berani mendekat. Cara mengusir tikus curut dengan kopi cukup mudah.

Hal yang harus Anda lakukan adalah menabur bubuk kopi secukupnya pada area yang sering dilalui atau yang menjadi sarang tikus curut.

  1. Menggunakan Minyak Esensial

Cara mengusir tikus curut yang ampuh selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak esensial. Pilih minyak dengan aroma peppermint atau cengkeh yang sangat tidak disukai tikus.

Gunakan diffuser untuk mengubah minyak essential menjadi aromaterapi yang dapat dengan mudah menyebar ke area ruangan rumah.

Tidak hanya ampuh mengusir tikus, penggunaan minyak essential juga dapat menciptakan suasana rumah yang tenang dan nyaman.

  1. Mengusir Tikus dengan Lada Hitam

Tikus tidak menyukai bau pedas yang dihasilkan oleh lada hitam atau merica bubuk. Karena tikus memiliki indra penciuman yang sangat tajam.

Lada hitam memiliki tekstur yang halus, cara mengusir tikus dengan lada hitam yaitu cukup taburkan lada hitam di setiap sudut area rumah. yang sering dilalui tikus, dengan begitu tikus curut akan kabur dan tidak akan kembali lagi.

Lada hitam terbukti sebagai bahan alami ampuh mengusir tikus agar tidak kembali lagi.

  1. Mengusir Tikus dengan Cuka

Bahan alami untuk mengusir tikus rumah secara efektif selanjutnya adalah cuka. Bau cuka yang sangat menyengat dapat mengganggu indra penciuman tikus yang sangat sensitif.

Baca juga ulasan kami tentangĀ Menciptakan Rumah Sehat, Jauhkan Keluarga dari Penyakit

Cara memanfaatkan cuka sebagai bahan pengusir curut adalah menggunakan bola kapas yang sudah dicelupkan ke dalam larutan cuka, setelah itu letakkan bola-bola cuka tersebut ke dalam sarang tikus. Lakukan secara berulang hingga tikus benar-benar pergi dan tidak kembali lagi.

Selain yang sudah disebutkan di atas, bau lain yang juga tidak disukai tikus antara lain bau bawang merah, kulit durian, daun sirsak, dan bau-bau lainnya yang sangat menyengat dan dapat mengganggu tikus.

Dari beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya cara paling ampuh untuk mengusir tikus curut adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah secara rutin.

Demikianlah 7 bahan alami mengusir tikus curut dari rumah, dijamin aman dan ampuh yang bisa Anda coba. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *