Tips Tentang Rumah

Cara Mendidik Anak Menurut Agama Islam, Yuk Simak!

Mendidik Anak Menurut Agama Islam

Mendidik Anak Menurut Agama Islam – Anak sejatinya adalah titipan dari Allah SWT yang harus dijaga, dirawat, dan dibimbing dengan baik. Sudah menjadi tanggung jawab setiap orang tua untuk mendidik anak dengan baik dan banar agar kelak mereka tumbuh menjadi manusia yang bertakwa dan senantiasa menyebarkan kebaikan.

Mendidik anak bukan perkara yang mudah, karena sedikit kesalahan dalam mendidik anak dapat mengakibatkan anak tumbuh dengan karakter dan sifat yang buruk.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda menerapkan cara mendidik anak secara islami sejak dini bagi orang tua muslim sesuai dengan tuntunan Nabi dan Al-Qur’an.

Mendidik Anak Menurut Agama Islam

Anak biasanya akan mengikuti perilaku dari orang tuanya. Ketika orang tua sibuk bermain gadget, anak akan minta untuk bermain gadget juga. Sebaliknya, ketika orang tua rajin membaca Al-Qur’an, anak akan merasa penasaran dan ikut belajar Al-Qur’an.

Ketika Anda mengajarkan anak dengan hal-hal baik, maka anak akan menirukannya. Namun, ketika Anda melakukan hal-hal buruk, maka jangan salahkan jika perkembangannya juga akan ikut buruk.

Mengajarkan Iman Sejak Anak Masih Kecil

Cara mendidik anak menurut agama islam yang pertama adalah mengajarkan akan tentang keimanan sejak mereka kecil. Ilmu tauhid adalah ilmu yang menjadi dasar utama untuk menjalani hidup.

Mendidik anak mengikuti sunnah Nabi, sebagaimana yang diajarkan Rasulullah kepada para sahabatnya.

Mengajarkan Anak untuk Mengerjakan Sholat

Cara mendidik anak menurut agama islam yang selanjutnya adalah mengajarkan anak untuk mengerjakan sholat.

Biasakan anak balita untuk mengambil air wudhu dan mengikuti gerakan sholat, meskipun masih salah dalam proses pelaksanaannya, minimal mereka tahu bagaimana gerakan sholat.

Anak yang sering menirukan gerakan sholat lama-kelamaan akan hafal gerakannya. Dengan begitu, proses mendidik anak menjalankan sholat yang baik dan benar menjadi lebih mudah.

Selain itu, ketika Anda mengajak anak untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Katakan secara perlahan kepada anak untuk jangan bercanda ketika sedang sholat, karena bercanda ketika sholat itu dosa.

Dengan mendidik anak sholat lima waktu, setidaknya anak sudah terbiasa menjalankan sholat sebelum masuk usia dewasa.

Baca juga ulasan kami tentang Bagaimana Cara Membangun Keluarga Harmonis Menurut Islam?

Suruhlah anak-anakmu salat ketika berumur tujuh tahun, pukulah mereka jika meninggalkannya setelah berumur sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidurnya”. (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Mengajarkan Anak Belajar Puasa

Cara mendidik anak menurut agama islam yang selanjutnya adalah mengajak anak untuk mulai belajar puasa.

Ketika anak sudah memasuki usia sekolah, ada baiknya anak mulai dituntun untuk berpuasa. Karena masih belajar, anak boleh berpuasa setengah hari dan diselang-seling dengan puasa penuh.

Jelaskan apa saja manfaat dan berkah dari menjalankan puasa. Ketika anak sudah mulai terlatih menjalankan puasa, lama-lama anak akan terbiasa menjalankan puasa Ramadhan secara penuh.

Diriwayatkan dari Ar-Rubayyi’ bintu Mu’awwidz, salah satu perempuan shalehah sahabat rasul. Ia berkata: “Kami menyuruh puasa anak-anak kami. Kami buatkan untuk mereka mainan dari perca. Jika mereka menangis karena lapar, kami berikan mainan itu kepadanya hingga tiba waktu berbuka.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Mengajarkan Al-Qur’an

Cara mendidik menurut agama islam yang berikutnya adalah dengan cara mengajarkan anak tentang Al-Qur’an.

Semasa hamil, perbanyak diri dengan mengaji, selain membawa ketenangan, mengaji juga mendatangkan banyak kebaikan.

Ketika anak baru lahir, tetap perdengarkan bacaan Al-Qur’an. Hal ini agar anak terbiasa dan tidak asing dengan lantunan firman Allah.

Mendidik anak dengan Al-Qur’an sehingga mereka memahami makna dari Al-Qur’an bisa membuat anak menjadi seseorang yang saleh atau salehah.

Jangan sampai anak terjerumus pada hal-hal yang tidak baik atau bahkan terpengaruh pergaulan bebas.

Kami juga mengulas tentang Cara Menjaga Kebersihan Rumah Minimalis, Pasangan Muda Wajib Coba!

Membacakan Kisah Para Nabi

Anak-anak pasti sangat suka dibacakan cerita. Ada berbagai macam cerita yang bisa dibacakan, salah satunya adalah kisah suri tauladan para Nabi, sahabat Nabi, dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar anak mengetahui sejarah islam.

Membacakan kisah perjuangan para Nabi akan membantu anak terpengaruh dan terbentuk karakternya. Waktu terbaik untuk membacakan kisah para Nabi adalah ketika akan tidur.

Demikianlah cara mendidik anak menurut agama islam yang bisa Anda contoh.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *